Berita Terbaru – Sebagian orang yang menyukai rasa pedas pasti akan mengatakan jika makan tidak pedas akan masih terasa kurang pas. Rasanya yang pedas dan panas tersebut akan membuat ketagihan sehingga menggugah selera. Selain enak, ternyata kandungan nutrisi pada cabai baik untuk kesehatan lho, tapi jangan terlalu banyak mengkonsumsinya karena akan merusak lambung.

Cabai banyak digunakan sebagai bumbu masakan di berbagai negara, rasa pedas pada cabai dipercaya dapat menambah cita rasa makanan menjadi lebih nikmat. Di Indonesia sendiri sambal merupakan olahan cabai yang sangat populer. Mau tahu makanan pedas terlezat lainnya? Yuk, simak rekomendasi makanan pedas buat kamu pecinta kuliner pedas!

1. Seblak Bandung

Kalau kamu termasuk orang Bandung pasti sudah tidak asing lagi dengan jajanan yang satu ini. Rasa gurih dan pedasnya sangat melekat pada seblak Bandung. Seblak Bandung juga dikenal sebagai seblak basah karena terbuat dari kerupuk aci yang dimasak dengan cara direbus atau dikukus, kemudian ditumis dengan bumbu, sayur, dan telur. Bisa juga dengan memadukannya dengan ayam atau bakso dan sosis, lho.

2. Penyet Ayam

Ayam penyet merupakan makanan khas Indonesia, tepatnya Jawa Timur. Biasanya ayam penyet ini disajikan di atas piring dengan daun pisang, ditemani selada dan irisan ketimun segar. Dan satu lagi yang terpenting, jangan lupa untuk menambahkan sambal yang pastinya pedas menyengat ayam di atasnya. Anda juga bisa menambahkan tahu sebagai pendamping makanan, agar mendapatkan rasa gurih dan enak yang maksimal.

3. Rendang

Hampir semua orang di Indonesia bahkan di luar negeri sudah mengetahui apa itu rendang. Bahkan beberapa survey seperti CNN International menobatkan spesialisasi Sumatera Barat ini sebagai makanan terlezat nomor 1 di dunia lho, Toppers! Tak heran mengapa rendang disebut sebagai makanan terlezat, rasa rendang sudah tidak bisa dipertanyakan lagi. Rendang mampu membuat kita meleleh dengan paduan bumbu pedas yang menyelimuti daging.

4. Pempek Palembang

Pempek adalah makanan paling terkenal dari provinsi Sumatera Selatan. Makanan khas Palembang yang diolah dengan ikan ini tidak pedas, tapi kuah cuko bikin pedas. Kuah cuko ini terbuat dari cabai rawit, gula merah, dan air jeruk nipis. Selain memberi rasa pempek yang pedas, sambal cuko juga mampu membuat makanan terasa segar. Jika tidak tahan dengan rasa pedasnya, pempek masih bisa dinikmati tanpa kuah cuko.

5. Oseng Mercon

Jogja memang terkenal dengan kulinernya yang manis, tapi jangan salah kamu bisa menemukan keunikan khas Jogja yang pedas, yaitu tumis petasan. Mercon sendiri dalam bahasa jawa artinya petasan lho. Wow, saya penasaran betapa ledakan rasa aduk-aduk ini. Oseng-oseng mercon adalah sejenis tumis yang memadukan daging sapi dan sambal serta bumbu lainnya. Rasanya yang super pedas bikin kamu berkeringat dingin saat menyantap sajian yang satu ini.

6. Mie Aceh

Mie Aceh bisa dibilang mie ‘bumbu pemberani’. Berbeda dengan mie daerah lainnya, campuran bumbu pada mie Aceh lebih tajam dan kaya akan bumbu. Bagi Anda penggemar rasa pedas pasti akan terpikat saat pertama kali mencium aromanya yang menggugah selera. Komposisinya khas dan bervariasi dari cabai, jintan, lada, kunyit, kapulaga dan bawang putih.

7. Samyang

Korea Selatan memang membawa ragam budayanya ke Indonesia. Salah satunya makanan, nih. Samyang merupakan salah satu produk mie instan Korea yang sangat digemari di Indonesia karena memiliki rasa yang sangat pedas. Varian pertama yang terkenal di Tanah Air adalah Samyang Buldak. Makin populer, samyang memiliki berbagai varian yang tentunya masih kental dengan olahan khas Korea. Sebut saja Samyang Stew, Samyang Ice, Samyang Curry dan Samyang Carbonara. Selain itu, ada Nuklir Samyang dan Samyang Mala yang tingkat kepedasannya jauh dari Samyang Buldak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *