Berita Terbaru – Setiap negara memiliki makanan khas yang tidak lepas dari keseharian masyarakatnya. Kalau di Jepang kamu sudah familiar dengan sushi dan di Italia sudah familiar dengan pasta, Indonesia juga punya banyak makanan khas yang pastinya sudah tidak asing lagi buat kamu. Kami telah merangkum 4 makanan khas Indonesia yang mungkin pernah Anda cicipi atau bahkan menjadi makanan favorit Anda setiap hari. Konon, banyak orang Indonesia di luar negeri yang kangen dengan makanan di bawah ini, lho. Penasaran dengan 4 makanan yang ada di daftar kami? Simak ulasannya di bawah ini:

Nasi goreng

Nasi goreng memang enak disantap dalam waktu dan kondisi apapun. Nasi goreng menjadi pilihan praktis bagi Anda yang kesulitan memilih menu makan. Tak perlu beli nasi goreng, kuliner ini juga bisa dimasak dengan mudah di rumah. Meski namanya sama, nasi goreng di setiap daerah atau kota di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri. Nasi goreng merah Surabaya misalnya, memiliki warna merah cerah dari sambal tomat dengan tambahan suwiran ayam, telur dadar, acar mentimun, dan kerupuk yang menggugah selera. Ada juga nasi goreng padang yang terkenal dengan rasa pedasnya dan terkadang dimasak menggunakan rendang.

Bakso

Bakso tidak pernah kehilangan penggemarnya. Bakso daging dengan kuah hangat yang disajikan dengan bihun dan sawi enak disantap di tengah hujan. Bagi yang suka pedas, semangkuk bakso lengkap dengan sambal akan menghadirkan sensasi tersendiri saat menyantapnya. Salah satu masakan bakso yang terkenal di Indonesia adalah bakso yang berasal dari Malang Jawa Timur. Menurut beberapa sumber, udara kota Malang yang dingin membuat masyarakat ingin menikmati soto untuk menghangatkan badan.

Inilah yang disebut-sebut sebagai asal muasal bakso Malang. Yang membedakan bakso Malang adalah penambahan siomay goreng di mangkoknya. Kini Anda tidak perlu datang langsung ke Malang untuk bisa mencicipi bakso khas ini karena sudah banyak tempat kuliner yang menyajikan bakso khas Malang di berbagai kota.

Sate

Sate, irisan daging yang ditusuk dan dibakar serta disajikan dengan sambal kacang atau kecap manis, bisa langsung menggoyang lidah. Umumnya penjual sate dengan gerobak banyak yang beroperasi dari sore hingga malam hari, kecuali jika Anda mencarinya di restoran atau restoran besar. Bagi Anda yang ingin mencicipi masakan sate yang berbeda, silahkan datang ke Yogyakarta.

Di sini, ada satu jenis sate yang terkenal dengan rasa dan penyajiannya yang unik, yaitu Sate Klathak Pak Pong. Sate daging kambing ini ditusuk menggunakan batang besi. Batang besi dipercaya mampu menghantarkan panas dengan baik sehingga potongan daging bisa matang sempurna. Selain itu dagingnya juga tidak banyak dibumbui, hanya menggunakan garam dan merica, lalu disajikan dengan nasi hangat dan kuah kari.

Rendang

Siapa yang tidak kenal dengan sajian lezat dari Padang ini? Bahkan rendang menduduki peringkat pertama dalam 50 Makanan Terbaik Dunia, hasil survei yang dirilis CNN pada tahun 2011. Prestasi rendang ini tidak mengherankan, kelezatan kuliner yang gurih dan pedas ini menjadi favorit banyak orang Indonesia maupun turis mancanegara yang berkunjung ke nusantara.

Rendang mungkin bukan makanan yang bisa disajikan setiap hari di meja makan, kecuali jika Anda mencarinya di restoran atau restoran padang. Pasalnya, proses memasaknya membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan tekstur dan rasa yang pas di lidah. Rendang ini cocok dinikmati dengan sepiring nasi hangat berbahan daging sapi yang diolah dengan santan dan bumbu pilihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *